Ternyata ikan memiliki banyak mafaat bagi kesehatan





Menurut Artria ikan adalah salah satu sumber protein paling bermanfaat untuk diet Anda. Itu diisi dengan nutrisi penting, seperti asam lemak omega-3, dan merupakan sumber protein yang bagus untuk menjaga tubuh Anda ramping dan otot Anda kuat. Ikan tidak hanya memengaruhi pinggang Anda, tetapi juga fungsi-fungsi lain dari tubuh Anda termasuk hati, otak, dan bahkan tidur Anda. Jadi pastikan Anda memasukkan ikan ke dalam makanan Anda untuk menuai  manfaat ikan laut.
 Itu sebabnya beberapa jenis ikan masuk dalam daftar kami dari 29 Protein Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan .

1 Ini Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Dokter memegang hatiMenyimpan

Menurut ulasan yang diterbitkan dalam American Journal of Cardiology , konsumsi ikan dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari penyakit jantung koroner yang fatal dan total. Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung yang dapat mengurangi peradangan , membantu melindungi jantung, dan mencegah penyakit kronis.

2 Ini Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer
Wanita berpikirMenyimpan

Ikan juga merupakan makanan penting bagi otak Anda. Menurut sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association , konsumsi makanan laut moderat dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari Penyakit Alzheimer. Studi ini menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi ikan secara teratur memiliki lebih banyak masalah otak kelabu, yang mengurangi penyusutan dan kerusakan otak yang dapat menyebabkan komplikasi fungsi otak. Meskipun mereka mencatat bahwa konsumsi makanan laut juga berkorelasi dengan kadar merkuri yang lebih tinggi di otak, itu tidak berkorelasi dengan neuropati otak.

3 Ini Dapat Membantu Menurunkan Gejala Depresi
Menyimpan

Makanan laut ini juga luar biasa untuk kesehatan mental Anda. Journal of Psychiatry & Neuroscience menemukan bahwa minyak ikan dapat membantu meningkatkan gejala depresi ketika dikonsumsi dengan serotonin reuptake inhibitor (SSRI) selektif, sejenis antidepresan. Meskipun ada laporan penurunan gejala depresi pada minyak ikan, masih ada lebih banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan klaim ini.

4 Ini Sumber Vitamin D Yang Hebat
Menyimpan

Menurut The National Institutes of Health , ikan kaya akan vitamin D, dan dianggap sebagai salah satu sumber makanan terbaik untuk nutrisi penting ini. Menurut NIH, vitamin D bermanfaat untuk penyerapan kalsium untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang. Karena 70% dari populasi AS tidak memenuhi Estimated Average Intake (EAR) vitamin D setiap tahun, tentu akan sangat membantu jika Anda menambahkan lebih banyak makanan padat nutrisi ini ke dalam makanan Anda.


5 Ini Membantu Meningkatkan Penglihatan dan Kesehatan Mata
Menyimpan

The Badan Penelitian dan Kualitas Kesehatan menemukan bahwa asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk meningkatkan visi dan kesehatan mata. Ini karena otak dan mata sangat terkonsentrasi dalam asam lemak omega-3 dan membutuhkannya untuk menjaga kesehatan dan fungsinya, menurut temuan AHRQ. Ikan adalah salah satu sumber terbaik dari lemak baik ini.

6 Ini Dapat Membantu Anda Tidur Lebih Baik
Menyimpan

Jika Anda kesulitan tidur atau tertidur, makan lebih banyak ikan bisa membantu. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Clinical Sleep Medicine , peningkatan konsumsi ikan meningkatkan kualitas tidur untuk sebagian besar subjek. Para peneliti menduga bahwa ini disebabkan konsentrasi vitamin D ikan yang tinggi, yang membantu tidur , menurut penelitian.

7 Ini Membantu Melawan Jerawat
Menyimpan

Apakah Anda memiliki jerawat hormonal atau dewasa, ikan dapat membantu meringankan kulit Anda. Sebuah studi yang diterbitkan oleh BioMed Central mencatat bahwa minyak ikan bermanfaat untuk membersihkan kulit bagi orang dengan jerawat sedang hingga parah.

8 Ini Bermanfaat dalam Mengurangi Rheumatoid Arthritis
Menyimpan

Jika Anda menderita rheumatoid arthritis, yang merupakan radang sendi kronis Anda, makan lebih banyak ikan dapat membantu meringankan pembengkakan dan rasa sakit. The American College of Rheumatology menemukan bahwa konsumsi lebih tinggi dari ikan benar-benar menurunkan aktivitas penyakit pada rheumatoid arthritis.


9 Ini Daging Ramping
ikan salmonMenyimpan

The American Heart Association mencatat bahwa ikan merupakan sumber protein tanpa kandungan lemak jenuh tinggi bahwa banyak jenis daging lainnya memiliki. AHA merekomendasikan makan dua porsi ikan per minggu, lebih disukai ikan berlemak, yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang lebih tinggi.

10 Ini Membantu Menurunkan Kolesterol
wanita mengunjungi dokterMenyimpan

The Baylor University Medical Center Proceedings mencatat bahwa asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam minyak ikan membantu dalam menurunkan kadar LDL (juga dikenal sebagai kolesterol “buruk”) dalam tubuh. Asam lemak omega-3 pada ikan diketahui membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menurut temuan universitas.

11 Ini Mengurangi Risiko Gagal Jantung
Menyimpan

Ikan memiliki reputasi yang sangat sehat untuk jantung, dan untuk alasan yang baik. Sebuah studi yang dilakukan oleh Divisi Penuaan di Brigham dan Departemen Rumah Sakit Wanita menunjukkan bahwa konsumsi ikan secara moderat akan membantu menurunkan risiko gagal jantung, karena konsentrasi tinggi asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung.

12 Ini Menurunkan Risiko Strok
Man di dokterMenyimpan

Cara lain agar ikan membantu kesehatan otak Anda adalah dengan mengurangi risiko stroke. Menurut The British Medical Journal , kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi pada ikan juga membantu menurunkan risiko stroke pada subjek penelitian.


13 Ini Mengurangi Risiko Penyakit Autoimun
Menyimpan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Diabetes , makan ikan berlemak sebenarnya dapat membantu mencegah penyakit autoimun seperti diabetes tipe 1. Kandungan vitamin D yang tinggi dari ikan membantu kekebalan tubuh dan metabolisme glukosa Anda, menurut penelitian ini.

14 Ini Menurunkan Risiko Kanker
Menyimpan

Ikan bahkan dapat menurunkan risiko kanker tertentu, menurut sebuah studi oleh The American Journal of Clinical Nutrition . Studi tersebut menunjukkan bahwa orang yang memiliki konsumsi ikan yang tinggi sebenarnya memiliki risiko kanker pencernaan yang lebih rendah, seperti kanker mulut, faring, kanker usus besar dan kanker pankreas, dibandingkan dengan mereka yang makan ikan dalam jumlah lebih sedikit.

15 Ini Mempercepat Metabolisme Anda
Wanita mengukur pinggangMenyimpan

Penelitian dari Departemen Kesehatan Manusia dan Ilmu Nutrisi di Universitas Guelph menemukan bahwa asam lemak omega-3, yang banyak terdapat pada ikan, memiliki efek positif pada metabolisme Anda. Studi ini mencatat bahwa lemak sehat ini meningkatkan istirahat dan berolahraga tingkat metabolisme, serta oksidasi lemak, pada wanita yang lebih tua.

16 Ini Menurunkan Tekanan Darah
Menyimpan

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, memasukkan lebih banyak ikan ke dalam makanan Anda dapat membantu menurunkannya. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Circulation menemukan bahwa minyak ikan sangat membantu dalam menurunkan tekanan darah karena tingginya konsentrasi asam lemak omega-3.


17 Ini Meningkatkan Rentang Konsentrasi dan Perhatian
Menyimpan

Ikan juga telah terbukti membantu konsentrasi dan perhatian pada remaja. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Nutritional Journal menemukan bahwa siswa yang berusia antara 14 dan 15 tahun yang makan ikan berlemak di atas daging lainnya memiliki tingkat konsentrasi yang lebih tinggi dan mampu memperhatikan lebih lama dibandingkan dengan mereka yang makan lebih sedikit.

18 Ini Meringankan Gejala PMS
Menyimpan

Ikan juga dapat membantu dengan gejala pramenstruasi pada wanita, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Psychosomatic Obstetrics & Gynecology . Studi ini menemukan bahwa gangguan gejala pramenstruasi dalam kehidupan sehari-hari wanita sangat berkurang ketika mereka meningkatkan konsumsi asam lemak omega-3, yang ditemukan pada kebanyakan ikan.

19 Ini Membantu Mengobati Penyakit Hati
NilaMenyimpan

Asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan juga terbukti membantu mengobati penyakit hati. Sebuah studi oleh Columbia University menunjukkan bahwa omega-3 membantu memecah trigliserida dan asam lemak di hati, menurunkan risiko penyakit hati berlemak.

20 Ini Membantu Atlet Memulihkan Lebih Cepat
Wanita melakukan pereganganMenyimpan

Ikan mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat dalam membantu atlet pulih dari kelelahan dan membantu regenerasi otot. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Sports Medicine menunjukkan bahwa vitamin D dan asam lemak omega-3, yang sangat menonjol pada kebanyakan ikan berlemak, memainkan peran besar dalam regenerasi otot pasca-latihan dan pemulihan kelelahan. Setelah sesh berkeringat sangat ketat, pastikan untuk memuat salah satu dari 16 Ahli Kesehatan Post-Workout Fitness Bersumpah Dengan .

Subscribe to receive free email updates: