Hyphema Adalah Darah di Mata



Berikut Penjelasan Artria Mengenai Hifema
Hifema adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perdarahan di ruang anterior mata, ruang antara kornea dan iris. Hiphema terjadi ketika darah bocor ke cairan bening cairan berair. Penggumpalan darah ini biasanya terlihat dengan mata telanjang dan menyebabkan penurunan penglihatan.

Penyebab
Hiphema biasanya disebabkan oleh trauma pada mata. Mungkin akibat cedera dari benda terbang, bola, tongkat, siku ke mata, jatuh atau berkelahi. Hifema juga dapat dikaitkan dengan prosedur bedah. Penyebab lain termasuk pertumbuhan pembuluh darah yang tidak normal di mata dan tumor mata tertentu.

Gejala
  • Darah di mata. Jika hyphema besar, mata mungkin terlihat seperti diisi dengan darah. Tanda hubung yang lebih kecil tidak terlihat oleh mata telanjang.
  • Visi berkurang. Tergantung pada jumlah darah di mata, penglihatan dapat dikurangi menjadi gerakan tangan dan deteksi cahaya saja.
  • Tekanan mata meningkat. Genangan darah dapat meningkatkan tekanan pada mata, suatu gejala yang harus dikontrol untuk mencegah glaukoma. Jika hyphema besar, mengendalikan tekanan mata mungkin mendesak.

Diagnosa
Sangat penting bagi dokter mata untuk menentukan penyebab hyphema. Jika penyebabnya adalah akibat trauma pada mata, sangat penting bagi dokter untuk mengetahui detail cedera. Dokter mata akan menguji ketajaman visual, mengukur tekanan intraokular, dan memeriksa mata dengan mikroskop lampu celah dan oftalmoskop.

Pengobatan
Hyphema tidak boleh diobati tanpa bantuan dokter mata. Dalam kasus hiphema ringan, darah biasanya diserap kembali oleh tubuh dalam beberapa hari, selama pasien mengikuti instruksi perawatan dokter. Perawatan biasanya terdiri dari tirah baring, penutup mata, dan sedasi untuk meminimalkan aktivitas dan mengurangi kemungkinan perdarahan berulang. Jika tekanan intraokular meningkat, pengangkatan darah mungkin disarankan, dan rawat inap mungkin diperlukan. Aspirin atau pengencer darah harus dihindari jika Anda memiliki hyphema. Konsultasikan dengan dokter mata Anda sebelum menghentikan obat-obatan ini jika Anda meminumnya. Tetes khusus yang dilatasi, serta obat tetes mata steroid, dapat diresepkan.

Komplikasi
Komplikasi berikut dapat terjadi akibat hyphema:
  • Pendarahan berulang. Cedera mungkin berdarah lagi, tergantung pada sejauh mana trauma awal. Istirahat adalah penting dalam mencegah pendarahan lebih lanjut.
  • Glaukoma. Peningkatan tekanan di dalam mata disebut sebagai glaukoma. Peningkatan tekanan dapat menyebabkan kebutaan jika tidak ditangani.
  • Kehilangan penglihatan. Hyphema harus diperlakukan sebagai keadaan darurat. Kehilangan penglihatan dapat terjadi tanpa perawatan segera.
  • Kerusakan struktur mata. Pewarnaan darah kornea kadang-kadang terjadi akibat hyphema, yang mungkin secara permanen mengaburkan penglihatan.

Pencegahan
Hyphema dapat terjadi dengan trauma pada mata. Mengenakan kacamata pelindung saat bermain olahraga dianjurkan untuk mengurangi kemungkinan cedera pada mata. Jika Anda mengalami hifema, tetap ikuti semua kunjungan dengan dokter Anda. Beberapa komplikasi hyphema mungkin tidak muncul selama beberapa bulan.

Subscribe to receive free email updates: